Shopping Cart

✈ Free Klang Valley shipping on all orders over RM300

Tips Merawat Mesin Diesel Genset (Generator Diesel Engine Maintenance)

merawat mesin diesel genset

Selain harganya yang murah, generator set (genset) bermesin diesel juga dikenal bandel dan tahan kondisi cuaca. Apalagi pemilik generator set di daerah seperti Indonesia yang kerap kali cuaca tidak menentu. Tentu saja ketahanan ini berbeda dengan genset mesin bensin yang rentan terganggu pada sistem pengapian.

Oleh sebab itu, kini penggunaan genset mesin diesel mulai banyak digunakan. Tetapi terkadang masih saja ada pandangan yang menganggap bahwa genset bermesin diesel itu ribet dalam perawatan. Padahal genset mesin diesel bila dipergunakan untuk waktu lama, semakin panas semakin bagus. Berbeda dengan mesin bensin. Bila terlalu panas, mesin bensin kecenderungannya mogok karena ada semacam pengembunan pada sistem karburasi sehingga dapat mengganggu pembakaran.

Ada beberapa tips untuk menjaga genset bermesin diesel aman bekerja. Memang mesin penting, tetapi yang lebih penting adalah orang yang menjalankannya, memelihara dan memilikinya.

  • Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit. Pemakai genset diesel tidak boleh terburu-buru menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan
  • Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
  • Sebaiknya langsung dibawa ke tempat service genset, apabila terjadi kerusakan parah pada injection pump jangan melalui teknisi sembarangan yang belum berpengalaman. Perbaikan harus dilakukan di tempat service genset khusus mesin diesel.
  • Filter udara harus diganti 1 tahun sekali. Sebab debu adalah musuh utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
  • Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda! Ibarat selokan, harus terbebas dari sampah agar tidak terjadi penyumbatan dan jadi sumber penyakit.
  • Di samping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka secara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 6 bulan.
  • Hal yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah pemeliharaan oli. Ganti minyak pelumas (oli) setiap 250 jam kerja dan ganti filternya, agar mesin tetap stabil, kokoh dan nyaman.
  • Perhatikan juga baterai (Accu), kabel- kabel dan busi. Karena mesin genset diesel saat ini menggunakan mesin ATS/AMF sebagai otomatisasi genset. Akan sangat fatal apabila mesin genset tidak bekerja saat dibutuhkan.

Untuk mendapatkan generator set bermesin diesel bisa di dapatkan di Powerline Genset. Selain menjual berbagai genset bermesin diesel juga menjual berbagai tipe dan ukuran seseuai dengan kebutuhan. Selain itu Powerline Genset didukung oleh aftersales yang handal dan berpengalaman dalam berbagai tipe genset. Sebagai pusat penjualan genset di Indonesia juga sebagai service center untuk perbaikan atau service Genset. Juga menjual berbagai tempat service dan sparepart genset dengan lengkap

Baca Juga : Genset Ramah Lingkungan Dengan Generator Listrik Diesel Inovatif

Selain itu ada produk unggulan genset dari Powerline Genset yaitu:

Genset Cummins

Genset Perkins

Genset Yanmar

Genset Isuzu

Genset Fawde

Genset Volvo

Genset Deutz

Genset Powerline

Genset Lovol

Ganset Kubota

Genset Doosan

Genset Mitsubishi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Klang Valley shipping

on all orders over RM300

100% Secure Checkout

MasterCard / Visa

Wine Discount

Buy 6 or more bottles of wine to enjoy 5% discount or 12 more bottles to enjoy 8% discount.